PEMERINTAH DESA KETAPANRAME KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO

Selasa, 01 Agustus 2017

AWAL TERBENTUKNYA BUMDESA

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.
Alhamdulillahirrobbil'alamin.. BUMDes Ketapanrame sejatinya telah berdiri sejak tahun 2004 silam. tetapi masa kepengurusannya simpang siur. sehingga pada Bulan Desember tahun 2011. diadakanlah kepemilihan kepengurusan tersebut di Desa Ketapanrame. dengan memakai sistem yang demokratis dan terbuka untuk umum. Pada Pemilihan pertama di adakan di Dusun Sukorame dengan 2 calon yang maju yaitu : 1. Saifudin 2. Hermawan yang dimenangkan oleh saudara Saufudin dan berhak lolos untuk menjadi pengurus BUMDes. Pemilihan yang kedua dilakukan di Dsn. Ketapanrame yang diikuti 7 Calon Yakni : 1. Rokhmad Syafii 2. Mulyono 3. Fahruddin Aziz 4. Kunto Wibisono 5. M. Yasin 6. Bahrur Rohman 7. Sujud. dengan quota dipilh suara terbanyak untuk menjadi pengurus. dan yang terpillih adalah : Rokhmad Syafii, M. Yasin dan Bahrur Rohman yang lolos menjadi pengurus BUMDes. sedangkan di Dusun Slepi telah tercukupi quota. sehingga tidak melaksnakan pemilihan. yang sususan pengurusnya adalah sebagai berikut :

Pengawas            : M. Hariono
Pengawas II         : Bahrur Rohman
Ketua BUMDes    : Rokhmad Syafii, S.Pd.I
Wakil Ketua         : M. Yasin
Sekretaris            : Saifudin
Ketua BPAM        : Ahmad Khusairi

VISi BUMD KETAPANRAME: 
membentuk sinergitas bisnis antara perusahaan yang efektif, efisien, mandiri dan profesional

MISI Forum BUMDes Ketapanrame

  • Membangun sinergi antara bisnis dan profesionalitas perusahaan secara seimbang, sehingga terbangun aliansi strategis dalam membangun bisnis enterprise di Desa Ketapanrame.
  • Membangun media promosi dan publikasi bersama secara  efektif dan efisien dalam menunjang peran dan kompetensi di antara perusahaan di Desa Ketapanrame.
BUMDes Ketapanrame memiliki sejumlah bidang usaha yang antara lain adalah :
1. Pengelolaan Air Minum Bersih (BPAM) 
    BPAM Tirto Tentrem mempunyai PAD yang sangat luar biasa dalam mengelola air minum. sehingga setiap Desa Ketapanrame menjadi Desa yang berpendapatan besar dibanding dengan desa desa yang lainnya.
2. Kebersihan Lingkungan
    menangani sampah itu memang sulit dan butuh kerja ekstra keras untuk mengatasi hal tersebut. tetapi alhamdulillah BUMDes ketapanrame bisa melaksanakan tersebut dengan lancar dan tanpa kendala apapun. sehingga Desa Ketapanrame terlihat bersih, nyaman, rapi dan tanpa banjir sampah.
3. Hak Guna Terminal
    untuk menjadikan Ketapanrame yang benar - benar daerah pariwisata maka kami menyulap dan memanfaatkan lahan terminal sebagai lahan yang produktif dan selama beberapa tahun ini telah manjdi sebuah kawasan jual beli yang ramai dan menyenangkan dengan pemandangan langsung gunung penanggungan. dan menjadi pusat oleh - oleh khas Trawas.
4. Tandon Air
    air yang dijual  dikota - kota besar seperti ; Surabaya, Lamongan, Gresik, Tuban, Madura dll. hampir 85% adalah dari sumber mata air Trawas yang terkenal jernih dan mengandung rendah TDS. hal ini lah yang menjadikan kami selaku pengurus BUMDes memanfaatkan peluang ini untuk bisa meningkatkan PAD desa Ketapanrame.

ini lah sekilas tentang BUMDes Ketapanrame, semoga dalam tahun - tahun berikutnya BUMDes bisa mengembangkan Bidang - Bidang Usaha lain yang berkembang dan maju untuk kita semua., Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar