PEMERINTAH DESA KETAPANRAME KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO

Minggu, 20 Agustus 2017

KARNAVAL 17 AGUSTUS PADA HUT RI KE 72

Karnaval 17 Agustus di Trawas - Seperti di tempat lain di seluruh Indonesia, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahun selalu dimeriahkan dengan berbagai acara dan lomba.


Salah satunya yang tidak pernah terlewatkan adalah karnaval, selain lomba gerak jalan tentunya.
Tidak beda dengan daerah lain, di Trawas peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus selalu dirayakan secara besar-besaran dan penuh semangat. Perayaan ini tidak hanya dipusatkan di Kecamatan, melainkan juga dilakukan di semua Desa-desa di wilayah Trawas. Setiap D
esa seakan berlomba
tak mau kalah dengan Desa lain dalam mempersiapkan acara 17 Agustus.
Dua acara yang selalu hadir dan ditunggu-tunggu setiap tahun adalah lomba gerak jalan dan karnaval. Paling tidak selama sebulan pada bulan Agustus, masyarakat Trawas disibukkan dengan berbagai acara. Mulai persiapan sampai pelaksanaannya, sangat menyita energi.
Bayangkan saja, jika setiap DEsa mempunyai agenda gerak jalan dan karnaval yang melibatkan kelompok usia TK, SD, SMP, SMA dan umum secara tersendiri. Secara matematis, paling tidak terdapat lebih dari 200 acara yang digelar selama 3 minggu di Trawas untuk menyambut HUT RI. Khususnya Desa Ketapanrame yang banyak terdapat sekolah sekolah dari mulai tingkat SD/MI sampai MA/SMA.

Padahal dalam satu hari setiap Desa hanya bisa menggelar satu macam acara untuk setiap kelompok usia tersebut. Maka tak heran seperti pada tahun 2016 ini, perayaan hari kemerdekaan baru tuntas dilaksanakan di minggu pertama bulan September, mengingat begitu padatnya acara dan harus ada pengaturan jadwal yang pas untuk setiap Desa, untuk menghindari timbulnya kemacetan arus lalu lintas yang parah.

Bayangkan juga bagaimana pusingnya orangtua yang memiliki anak, apalagi kalau lebih dari 1 orang, setiap menjelang bulan Agustus. Pusing memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan perangkat dan dandanan sang anak.

Tapi inilah Trawas, dimana masyarakatnya sangat antusias menyambut acara 17 Agustusan. Yang melihat 17 Agustus sebagai tradisi tahunan yang wajib diselenggarakan dengan meriah dan penuh semangat. Merdeka!

KARNAVAL KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO


Dari keseluruhan karnaval di Trawas, karnaval Desa Ketapanrame mempunyai daya tarik tersendiri, karena menampilkan banyak varian dari mulai kostum kerajaan sampai kostum banci-banci. Bisa dikatakan, Karnaval Ketapanrame adalah karnaval yang paling meriah  .
Karena keistimewaannya, tak heran Karnaval Ketapanrame selalu ditunggu oleh masyarakat Ketapanrame khususnya dan Trawas pada umumnya. Kemeriahan dan kreativitas Karnaval Desa Ketapanrame menjadi hiburan yang paling ditunggu-tunggu, bukan hanya oleh masyarakat Ketapanrame, namun mampu menarik warga dari Desa lain lain untuk menyaksikannya.

Dari sisi penonton, karnaval Desa Ketapanrame juga paling banyak menyedot perhatian, karena menampilkan 15 Grup dari berbagai macam kostum dan di ikuti sekitar 1000 peserta.

0 komentar:

Posting Komentar