PEMERINTAH DESA KETAPANRAME KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO

Selasa, 01 Agustus 2017

PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DESA KETAPANRAME

Penggelolaan kebersihan lingkungan sebenarnya sudah dimulai sejak 2 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2010, yang awalnya dikelola oleh beberapa tokoh masyarakat yang prihatin dengan keadaan lingkungan yang tercemar oleh sampah. Saat hujan deras sampah yang dibawa oleh arus air hujan akan berhenti dan beserakan di selokan dan jalan-jalan sepanjang lingkungan jika hujan telah reda.Pengelolaan kebersihan pada masa itu diberi nama "Margi Lestari".
Pada awal tahun 2012 Desa Ketapanrame membentuk Badan Usahan Milik Desa (BUMDes) yang terdiri dari pemuda-pemuda yang dianggap mempunyai kemampuan untuk mengelola Usaha yang ada di Desa Ketapanrame termasuk Pengelolaan Kebersihan Lingkungan.
Setelah BUMDes terbentuk Pe,nggelolaan Kebersihan Lingkungan dari "Margi Lestari" diserahkan keseluruhannya kepada BUMDes.
Setelah diserahkan kepada BUMDes, pengelolaan kebersihan lingkungan yang waktu itu hanya terbatas di wilayah Dusun Ketapanrame sekarang sudah menjangkau seluruh wilayah Desa Ketapanrame (Dusun Sukorame dan Dusun Slepi).
Dalam bentuk apa kebersihan lingkungan yang di kelola BUMDes di wilayah Desa Ketapanrame?
Penggelolaan kebersihan lilngkungan di wilayah Desa Ketapanrame dalam bentuk pengambilan sampah dapur dari masyarakat dan dibuang di TPA. Seiring berjalannya waktu TPA pun semakin hari semakin menjadi persoalan baru bagi kami (BUMDes). Tapi kami (BUMDes) berharap bisa melakukan pengelolaan TPA mulai Bulan Juni..

0 komentar:

Posting Komentar